Harga domba texel fullblood dan super update tahun ini – Ciamis

Berapa harga daging domba Texel di pasaran tahun ini? Nama domba ini diambil dari tempat asalnya, Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Belanda. Daging domba Texel terkenal unggul di seluruh dunia karena sangat ramping.
Genetika domba Texel sendiri berukuran sangat besar, berat, dan berotot, dengan bulu berwarna putih keabu-abuan. Domba-domba ini ditemukan hampir di semua tempat di dunia. Indonesia mempunyai banyak penggarap.
Berbicara mengenai bulu pada domba, sekilas terlihat hampir mirip dengan domba Merino. Wol adalah perbedaan utama antara domba Texel dan Merino. Texel memiliki wol tetapi hanya di badannya. Itu tidak menutupi wajah atau kaki.
Berbeda dengan Merino, domba ini memiliki bulu yang panjang dan tebal di seluruh anggota tubuhnya. Bahkan rambut di wajah dan kaki pun tumbuh, menjadikan Merino produsen kain wol paling produktif di dunia.
Lalu berapa harga domba Texel fullblood, super atau cross saat ini? Berikut sedikit informasi tentang sejarah Texel, daging domba potong yang menjadi populer di Indonesia.

Sejarah Populasi Domba Texel dan Harganya di Indonesia

Domba Texel diekspor ke lebih dari 35 negara di seluruh dunia pada abad ke-18, termasuk benua seperti Eropa, Amerika, dan Oseania. Populasi domba Texel terus meningkat dari waktu ke waktu di negara tujuan tersebut. Domba Texel terkenal dengan kemampuan beradaptasi dan daya tahannya yang sangat baik.
Tak terkecuali di Indonesia, baru pada pertengahan abad ke-20, sekitar tahun 1970-an, Texel masuk ke Indonesia dari Belanda. Awal pembangunannya berpusat di Jawa Barat, kemudian menyebar hampir ke seluruh Pulau Jawa.
Potensi domba Texel sangat baik, selain dagingnya yang minim lemak, bulunya juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan tekstil. Produksi wool Texel masih belum sebanding dengan Merino sehingga berdampak besar terhadap perekonomian suatu negara.
Afrika, Belanda dan Australia hingga saat ini menjadi pusat peternakan domba Texel. Oleh karena itu, Texel Indonesia menjadi mayoritas di negara tersebut. Kualitas domba Texel dan keturunannya menentukan harga.
Texel cross super harga mulai 1,75 juta dengan betina umur 6-7 bulan. Laki-laki yang sama, dari umur dan jenisnya, harganya sekitar 2 juta.
Namun jangan salah, Texel tetap menjadi aset investasi yang bagus. Golongan darah lengkap untuk pria dewasa bisa menghabiskan biaya hingga 60 juta dolar.
Rekor domba Texel termahal dipegang oleh domba bernama Double Diamond. Dia adalah Texel Fullblood yang dijual di Skotlandia pada lelang seharga $490.000. Itu sekitar 7,2 miliar rupiah.
Ciri-ciri dan Ciri-Ciri Domba Texel di Indonesia
Di Indonesia, harga domba Texel (super persilangan) sangat terjangkau. Hal ini membuat jenis domba ini populer. Sedangkan untuk domba texel fullblood memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas dan sekaligus kualitas peternakan jauh lebih baik.
Untuk lebih memahami domba-domba ini, penting untuk mempelajari karakteristik mereka terlebih dahulu. Secara umum, berikut beberapa ciri-ciri tersebut.

Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

Domba texel mempunyai bentuk fisik yang khas. Domba texel memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan domba penghasil wol lainnya. Domba texel memiliki beberapa ciri lain yang melekat pada tubuhnya.
1. Badan berotot besar/besar
Tubuhnya yang besar dan berotot adalah ciri yang paling mencolok. Texel juga menjadi salah satu domba yang paling diminati di seluruh dunia karena hal ini. Texel unggul tidak hanya dalam memproduksi daging, tetapi juga wol. Berkat bodi Texel yang kekar, tekstur dagingnya tidak banyak mengandung lemak.
2. Wajah Domba Texel Putih
Texel memiliki wajah putih. Tidak ada bulu panjang di wajah domba khusus ini. Hanya rambut pendeknya yang menonjolkan bentuk kepala khas Texel.
3. Tidak Ada Rambut di Kepala dan Kaki
Texel tidak memiliki bulu di kakinya, kecuali kepalanya. Domba ini mempunyai ‘penampilan yang lebih keren’ dibandingkan domba atau kambing lainnya. Hanya bulu badan dan ekor saja yang ditumbuhi rambut sehingga membuatnya terlihat semakin besar.
Domba texel dewasa dapat memiliki berat sebanyak 160 kg. Domba Texel juga merupakan raksasa daging. Kambing Boer merupakan kambing raksasa daging.
4. Telinga Pendek ke atas
Selanjutnya, bentuk telinganya juga penting. Entah domba texel murah atau mahal, bentuk kupingnya sama yaitu pendek dan atas. Telinganya tampak menghadap ke depan
n (dengan posisi hampir horizontal).
5. Hidung dan Kuku Domba Texel Berwarna Hitam
Perhatikan hidung domba Texel dan kukunya jika bisa. Hidung dan kuku kakinya berwarna hitam (gelap).
Domba Texel Indonesia
Kemudian dari sifat domba yang jinak, merpati, tidak galak seperti kambing aduan. Domba betina Texel bahkan lebih jinak karena ramah dan mudah bergaul dengan manusia. Sedangkan untuk domba Texel jantan cenderung sedikit lebih agresif. Karakter domba Texel dijelaskan lebih detail di bawah ini.
1. Tetap mudah digerakkan meski ukuran badannya besar
PeristiwaMeski memiliki tubuh yang besar, ditambah lagi dengan bulu di bagian tubuhnya yang menjadikannya lebih besar. Domba texel dapat bergerak dengan mudah. Itu karena struktur genetik yang dimiliki Texel. Hal ini memungkinkannya menghasilkan daging dengan kualitas kelas dunia di seluruh bagian tubuhnya.
2. Mudah untuk diperbanyak
Peternak dapat bersukacita karena domba betina Texel tidak memiliki anak domba, sehingga meningkatkan produktivitas. Anda dapat membeli domba betina bunting dengan harga domba Texel yang murah di gibasbarokah.com.
3. Pertumbuhan Sangat Cepat Melebihi Domba Broiler Lokal
Seperti domba potong pada umumnya, pertumbuhan Texel sangat pesat. Persediaan pakan harus mencukupi kebutuhan pakan harian. Menurut penelitian, berat badan Texel dewasa antara 300g dan 600g setiap hari.
4. Perawatan Mudah, Daya Tahan Tubuh Kuat, dan Mudah Beradaptasi
Domba Texel mudah dirawat. Domba ini mampu beradaptasi dengan kondisi ekstrim karena pernah tinggal di Pulau Texel. Mulai dari daya tahan tubuh yang kuat terhadap penyakit, kemampuan beradaptasi, dan keunggulan dalam pengobatan.
5. Bisa Ramah Jadi Bisa Jadi Hewan Peliharaan
Jika Anda suka menjadikan domba atau kambing sebagai teman bermain Anda, maka Texel adalah pilihan yang tepat. Kambing Kerdil berukuran kecil dan lucu karena digunakan sebagai hiasan. Texel memiliki ukuran yang sangat besar dan merupakan kambing yang lucu dan menggemaskan.
Untuk mendapatkan penawaran harga Domba Texel dan jenis domba lainnya baik fullblood maupun blasteran dapat menghubungi kami di peternakan modern Gibas Barokah (GB Farm Ngawi). Di situs gibasbarokah.com atau di media sosial kami, Anda dapat menemukan informasi dan detail kontak.