Daftar 4 Kampus Pariwisata Terbaik di Jogja, Cek Apa Ada Kampusmu

UNISA Disiplin akademis pariwisata saat ini semakin menarik minat. Meskipun spesialisasi ini tidak segemerlap kedokteran atau hukum, namun memiliki potensi yang cukup besar untuk dipilih. Secara khusus, industri pariwisata semakin berkembang, dan pemerintah semakin memperhatikannya. 

Pariwisata modern juga merupakan tren dan gaya hidup modern, sehingga jurusan pariwisata semakin diminati dan terus diperhatikan. Di Sekolah Tinggi studi tersebut Jogja, mahasiswa mempelajari pengelolaan dan pengembangan kawasan dan destinasi. Studi ini sendiri merupakan bidang yang sangat kompleks dan memiliki banyak aspek dengan implikasi yang beragam. 

Sebagai contoh, setiap kegiatan studi ini yang ada memiliki dampak ekonomi yang positif terhadap beberapa sektor lainnya. Sektor-sektor yang berkembang seiring dengan pertumbuhan studi ini di suatu daerah antara lain sektor transportasi, hotel, restoran, atraksi wisata, dan cinderamata.

4 Kampus Pariwisata Terbaik dan Recomended di Jogja

Berikut dibawah ini adalah beberapa rekomendasi kampus terbaik yang ada di jogja yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber yaitu sebagai berikut : 

AMPTA 

Terletak di Jalan Laksda Adisucipto No. 6, Caturtunggal, Depok Sleman, Akademi prodi dikenal sebagai sekolah tinggi studi tertua di Jogja; pada saat didirikan pada tahun 1987, sekolah ini bernama Akademi studi Keraton Ambarukmo. Singkatan AMPTA diambil dari Akademi Pariwisata Istana Ambarukmo karena kampus ini berada di kompleks yang sama dengan Hotel Ambarukmo Palace.

STIPRAM

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo, umumnya dikenal sebagai STIPRAM, didirikan pada tahun 2001. Awalnya bernama AkPAR (Akademi Ambarukmo). Program Diploma 3 Perhotelan dan Prodi masih diminati di kampus ini. Setelah prodi ini diakui oleh pemerintah sebagai ilmu murni dan tidak lagi tumpang tindih dengan disiplin ilmu lain, Fakultas S1 Perhotelan juga hadir di kampus ini pada tahun 2008.

STIE API

Sekolah pariwisata di Jogja selanjutnya adalah STIE API. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata API merupakan sekolah jurusan ini dengan gelar akhir Sarjana Ekonomi atau S.E.. Namun, lebih fokus pada bidang studi ini dan ekonomi pariwisata.

UGM

Universitas Gajah Mada adalah universitas tertua di Yogyakarta, kampus yang cukup terkenal, dan oleh karena itu memiliki Fakultas Pariwisata S1. Fakultas Pariwisata UGM masih merupakan salah satu bagian dari Fakultas Ilmu Budaya UGM. Lulusannya diharapkan dapat mengisi departemen-departemen pemerintah dengan tenaga-tenaga profesional yang ahli di bidang ilmu pariwisata. Fakultas Pariwisata UGM berafiliasi dengan beberapa kampus di Thailand, Jepang, Belanda dan Australia.

 

Sekian artikel ini saya buat semoga dapat membantu kalian semua ya dan dapat kalian jadikan referensi untuk mencari tempat kuliah terbaik di jogja.